Pengaruh Pemberian Jam pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesiapan Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional

ABSTRAK


Slamet Marsuchin, NIM. 2021210065. Pengaruh Pemberian Jam pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesiapan Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. H. Zainal Mustakim, M.Ag.
Ukuran keberhasilan pengajaran adalah tercapainya komunikasi yang harmonis antara guru dengan siswa. indikator keberhasilan pengajaran lainnya adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa. serta tertanamnya dalam diri siswa tentang kebutuhan akan belajar serta manfaat belajar. Dan indikator keberhasilan proses belajar mengajar adalah terwujudnya tujuan pengajaran, salah satunya adalah tercapainya ketuntasan belajar.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana Pelaksanaan Pemberian Jam Tambahan Pelajaran di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana besarnya pengaruh pemberian jam pelajaran tambahan mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian madrasah berstandar nasional di Ma Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan jam pelajaran tambahan dan kesiapan siswa dalam menghadapai ujian madrasah berstandar nasional. Juga mendiskripsikan Pengaruh Pemberian Jam Pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesiapan Siswa Kelas Xii Dalam Menghadapi Ujian Madrasah Berstandar Nasional di Ma Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Kegunaannya adalah menambah wawasan dan mendapatkan pengetahuan baru bagi dunia pendidikan juga sebagai masukkan bagi sekolah, guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan jam pelajaran tambahan guna persiapan siswanya dalam menghadapi ujian akhir madrasah berstandar nasional.
Metode dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas XII MA Hasbullah Karanganyar yang berjumlah 35 orang.Sedangkan Metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk metode analisis datanya menggunakan metode statistik dengan teknik regresi sederhana.

Hasil penelitiannya yaitu bahwa pelaksanaan pemberian jam pelajaran tambahan terhadap kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian madrasah berstandar nasional di MA Hasbullah Karanganyar termasuk dalam kategori cukup baik yaitu dengan nilai rata-rata 27. Pemberian Jam pelajaran tambahan berpengaruh positif terhadap kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian akhir madrasah berstandar nasional di MA Hasbullah Karanganyar. Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 %, dengan N = 35. Pada taraf siginifkan 5 % didapat r = 0,344 dan pada taraf signifikan 1 % didapat r = 0,442. Dengan demikian ttest baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % lebih besar daripada r. Maka hasilnya pada taraf signifikan 5 % 0,75 > 0,344 dan pada taraf signifikan 1 % 0,75 > 0,442. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Mantiq : Ta'rif

Khutbah Jum'at : Keistimewaan Bulan Rajab

TTS English