Pengaruh Pemberian Jam pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesiapan Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional
ABSTRAK
Slamet Marsuchin, NIM.
2021210065. Pengaruh Pemberian Jam pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Terhadap Kesiapan Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Akhir
Madrasah Berstandar Nasional di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
Skripsi Jurusan/Program Studi Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. H. Zainal Mustakim, M.Ag.
Ukuran keberhasilan pengajaran adalah tercapainya
komunikasi yang harmonis antara guru dengan siswa. indikator keberhasilan
pengajaran lainnya adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa.
serta tertanamnya dalam diri siswa tentang kebutuhan akan belajar serta manfaat
belajar. Dan indikator keberhasilan proses belajar
mengajar adalah terwujudnya tujuan pengajaran, salah satunya adalah tercapainya ketuntasan
belajar.
Dalam penelitian
ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana Kesiapan Siswa dalam
Menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional di MA
Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana Pelaksanaan Pemberian Jam
Tambahan Pelajaran di MA Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana
besarnya pengaruh pemberian jam pelajaran tambahan mata pelajaran pendidikan
agama Islam terhadap kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian madrasah
berstandar nasional di Ma
Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Tujuannya adalah untuk
mendiskripsikan pelaksanaan jam pelajaran tambahan dan kesiapan siswa dalam
menghadapai ujian madrasah berstandar nasional. Juga mendiskripsikan Pengaruh
Pemberian Jam Pelajaran Tambahan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap
Kesiapan Siswa Kelas Xii Dalam
Menghadapi Ujian Madrasah Berstandar Nasional di Ma Hasbullah Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Kegunaannya
adalah menambah wawasan dan mendapatkan pengetahuan
baru bagi dunia pendidikan juga sebagai masukkan bagi sekolah, guru dan siswa
dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan jam pelajaran tambahan
guna persiapan siswanya dalam menghadapi ujian akhir madrasah berstandar
nasional.
Metode
dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field research)
dan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas
XII MA Hasbullah Karanganyar yang berjumlah 35 orang.Sedangkan Metode pengumpulan
datanya yaitu dengan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk metode
analisis datanya menggunakan metode statistik dengan teknik regresi
sederhana.
Hasil
penelitiannya yaitu bahwa pelaksanaan pemberian jam pelajaran tambahan terhadap
kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian madrasah berstandar nasional di
MA Hasbullah Karanganyar termasuk dalam kategori cukup baik yaitu dengan nilai
rata-rata 27. Pemberian Jam pelajaran tambahan berpengaruh positif terhadap
kesiapan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian akhir madrasah berstandar
nasional di MA Hasbullah Karanganyar. Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf
signifikan 5 % maupun 1 %, dengan N = 35. Pada taraf siginifkan 5 % didapat r =
0,344 dan pada taraf signifikan 1 % didapat r = 0,442. Dengan demikian ttest
baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 % lebih besar daripada r. Maka hasilnya
pada taraf signifikan 5 % 0,75 > 0,344 dan pada taraf signifikan 1 % 0,75 > 0,442. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima.
Comments
Post a Comment